Cara Isi Game PS2 Lewat HP ke Flashdisk Dengan Mudah

Cara isi game ps2 lewat HP ke Flashdisk sebenarnya mudah kok, bahkan tak membutuhkan koneksi ke PC atau Laptop. Kita bisa memanfaatkan fitur OTG di Android, jadi pastikan terlebih dahulu bahwa HP milik mu sudah mendukungnya.

Untuk cara melihat fitur tersebut, saya pikir kalian sudah memahaminya. Jadi, artikel ini tidak mengulas panduan tersebut. Justru yang perlu kalian pertimbangkan adalah game yang hendak kamu masukkan lewat Hp, yang mana tak boleh lebih dari 4Gb.

Supaya panduan ini bisa terselesaikan dengan sempurna, penting bagi kalian untuk mempertimbangkan beberapa persiapan berikut ini:

  • Siapkan file game ps2 dengan format ISO dan ukurannya juga tak boleh 4Gb+.
  • 1 Hp Android yang sudah mendukung fitur OTG.
  • 1 USB OTG.
  • Aplikasi bernama ZArchiver.
  • FlashDisk. Jika kalian tak memilikinya, bisa diganti pula dengan Sd Card dan Card Reader.

Catatan Sukses

  • Perlu kalian ketahui, game PS2 harus sudah mendukung Flashdisk dengan kata lain, “Game tersebut sudah dilengkapi dengan FreeMCBoot atau bisa juga IC Modchip.
  • Jika game yang kamu siapkan di dukung dengan IC Modchip, maka sebaiknya pastikan lah bahwa sudah memiliki File System Modbo 5.0 terlebih dahulu.
  • Apabila semua persiapan dan Catatan di atas sudah memenuhi syarat, maka kamu bisa mempelajari Cara isi game ps2 lewat HP ke Flashdisk dengan mudah yang nantinya bisa kamu install juga ke hardisk PC.

Cara Isi Game PS2 Lewat HP

Cara Isi Game PS2 Lewat HP ke Flashdisk Dengan Mudah
  1. Download file PS2 sekarang juga.
  2. Ekstrak Game. Jika file game yang kamu download masih berbentuk Rar, sebaiknya bongkar terlebih dahulu menggunakan aplikasi Zarchiver yang sudah kamu siapkan sebelumnya.
  3. Pilih File ISO yang sudah kamu dapatkan dari Extrak file.
  4. Klik lihat untuk mencari tahu informasi file tersebut.
  5. Cari ID Game. Contoh id yang harus kamu cari biasanya seperti SLUS_213.76 ini. Ingat lah, setiap game memiliki id yang tak sama.
  6. Catat kode ID game yang sudah kamu dapatkan.
  7. Klik lagi file iSO game.
  8. Cari dan klik menu Uban Nama.
  9. Masukkan id game yang kamu catat tadi dan menambahkan kata “Black” sehingga hasilnya akan tampak mirip SLUS_213.76.Black.iso-.
  10. Segera hubungkan OTG.
  11. Sambungkan pula Flashdisk sebagai tempat penyimpanan-nya.
  12. Buka menu pengaturan pada HP Yang kamu gunakan saat itu.
  13. Masuk lah ke menu Penyimpanan.
  14. Lanjutkan dengan memilih opsi Penyimpanan USB.
  15. Ketuk Format/Bersihkan USB.
  16. Tekan sekali lagi opsi Hapus dan Format. Dalam hal ini, maka flashdisk kamu sudah benar-benar kosong.

Nah sampai di tahap ini, kamu sudah berhasil mengisi game PS2 dari HP Android lho. Namun kamu perlu menyelesaikan beberapa metode lagi agar game ini bisa dibuka. Jadi, silahkan pelajari bab berikut!

Cara Membuat Folder untuk Menimpan PS2 ke Flashdisk

  1. Pada ponsel anda, buka menu file manager.
  2. Lanjutkan dengan masuk ke Peyimpanan USB.
  3. Ketuk menu titik 3 yang terdapat di pojok kanan atas.
  4. Ketuk opsi Buat Folder Baru.
  5. Ketik nama folder sebagai DVD.

Cara Memindahkan Game PS2 ke FlashDisk

  1. Buka file manager di HP Anda.
  2. Cari file iso dari game PS2 yang sudah kamu ubah namanya pada tahap di atas.
  3. Silahkan pindah file tersebut ke Folder DVD yang sudah kamu buat.
  4. Selesai. Kini kamu bisa memainkan game PS2 tersebut kapan saja sesuai keinginan.

Perlu kalian ketahui, pada dasarnya game PS2 ini ukurannya tak begitu besar. Jika game yang kamu miliki berukuran 700Mb saja, maka kamu bisa menempatkan file itu ke dalam folder CD.

Tetapi jika game PS2 yang kamu install ternyata berukuran lebih besar yakni 700 Mb+, maka kamu harus memasukkannya ke folder DVD yang sudah kamu buat di Flashdisk. Hal ini berguna agar game yang kamu isi tadi bisa terbaca.

Nah itu lah panduan Cara isi game ps2 lewat HP ke Flashdisk yang dapat saya uraikan. Jika kalian ingin memainkannya lewat PC, maka cukup pindahkan saja game tersebut atau colokkan saja Flasdisk-nya ke USB PC atau Laptop yang kamu punya.

Seperti yang diketahui, banyak pengguna yang tak bisa membuat folder di Flash Disk. Jika kalian menemui masalah ini, sebaiknya gunakan aplikasi file manager lainnya seperti aplikasi Astro File Manager misalnya.