Jakarta, CNN Indonesia -- Peringatan: Jangan lanjutkan membaca bila belum menonton Avengers: Infinity War. Artikel ini mengandung beberan.

Meski hanya punya satu dialog-"I am Groot"-karakter pohon dalam Guardians of the Galaxy itu punya penggemarnya sendiri. Di Guardians of the Galaxy Vol. 2 ia menggemaskan. Terbaru, di Avengers: Infinity War, ia jadi remaja nakal pecandu gim Defender.

Namun akhir bagi Groot ternyata menyedihkan. Ia termasuk karakter yang menghilang menjadi butiran debu setelah Thanos menjentikkan jemari dengan enam infinity stones untuk melenyapkan setengah populasi semesta. Groot perlahan menghilang di depan mata Rocket.

Sebelumnya, ia menyampaikan satu pesan kepada sahabatnya itu: "I am Groot."


Penggemar pun dibuat bertanya-tanya, apa makna di balik pesan terakhir Groot saat itu. Hanya Rocket Raccoon dan Thor yang mengambil kelas pilihan bahasa Groot di Asgard yang mengerti maksud berbeda-beda di balik kalimat sama "I am Groot" itu.

Tak ayal, wajah Rocket yang disuarakan Bradley Cooper bersedih melihat Groot menghilang sembari mengucapkan pesat terakhir. Itu pun membuat penggemar makin penasaran.
 
Mimik sedih Rocket di hutan Wakanda pun, terjelaskan sudah. Perginya Groot meninggalkan kesedihan mendalam baginya yang menjadi satu-satunya personel dari Guardians of the Galaxy yang tertinggal di Bumi. Ia seolah 'sebatang kara' tanpa keluarga dan teman-temannya. 

Namun jika laporan terbaru tentang Avengers 4 benar, Rocket tidak akan menjadi satu-satunya Guardian di film yang akan datang. Zoe Saldana mengatakan dalam wawancara dengan E!News bahwa ia yakin karakter Gamora akan kembali untuk seri keempat Avengers.

Apalagi ia masih harus ikut syuting untuk film di mana Thanos masih akan kembali itu.
 
Setelahnya, mengutip Ace Showbiz, berdasarkan isyarat yang diungkapkan Chris Pratt, Guardians of the Galaxy 3 akan difilmkan pada 2019. Sementara, Avengers 4 yang belum diketahui judul resminya, rencananya akan dirilis pada 3 Mei 2019. (rsa)