Aksi Mukbang di YouTube kayaknya udah menjamur di mana-mana. Yang dulunya cuma orang Korea dan Jepang, sekarang bahkan di luar dari Asia juga udah banyak banget tuh yang ikutan Mukbang. Yep, Mukbang sendiri adalah salah satu challenge paling populer di YouTube di mana pembuat konten ditantang buat makan dengan jumlah yang banyak dari umumnya. Salah satu menu mukbang yang lagi tren adalah es batu. Es batu lho ya, bukan es krim. Es batu dengan berbagai bentuk dan rasa di gigit dalam jumlah banyak, keliatannya aja ngilu nggak sih? Ini fakta yang harus kita tahu tentang kebiasaan makan es batu:

  1. Bikin Gigi Rusak Kebiasaan mengunyah es batu bisa membuat gigi kita rusak. Alasannya adalah es batu yang keras dapat mengikis enamel atau lapisan luar gigi sehingga bisa menyebabkan masalah terutama buat kita yang punya gigi sensitif. Es batu yang dingin juga bisa bikin gigi terasa ngilu.
  2. Bikin Mual dan Diare Makan es batu juga bisa bikin dehidrasi dan mual. Hal ini karena kalau kita mengunyah es batu, kita bisa lupa waktu. Selain itu kandungan es batu yang kita kunyah belum tentu benar-benar sehat. Beberapa es batu yang bebas dijual di pasaran, bukan yang kita bikin sendiri di rumah, terbuat dari air mentah dan bisa mengandung bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Bakteri tersebut antara lain seperti bakteri Ecoli yang bisa menyebabkan diare.
  3. Tubuh Kekurangan Nutrisi Hal nggak terduga kalau kita sering makan es batu bukan hanya terjadi pada gigi tapi juga berdampak untuk tubuh kita. Sering makan es batu katanya bisa menurunkan nafsu makan tapi kalau hal ini dijadikan kebiasaan terus-menerus, bisa menyebabkan kekurangan gizi dan nutrisi. Kekurangan Zat Besi Kekurangan zat besi atau defisiensi besi adalah hal yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan kita yang suka makan es batu. Nantinya, tubuh yang kekurangan zat besi juga mempengaruhi pola makan kita lho. So, jangan lagi makan es batu ya!