Berhenti terus menerus menggunakan ponsel

Jika ingin anak terbebas dari kecanduang pada smartphone, maka terlebih dahulu orang tua harus membebaskan diri mereka dari smartphone. Anak itu peniru ulung. Mereka menjadi kecanduan mungkin karena sering melihat orang tua bermain dengan smartphone.

Habiskan lebih banyak waktu dengan anak

Tinggalkan smartphone dan perbanyaklah waktu bersama anak. Cobalah untuk menyingkirkan ponsel ketika sedang makan bersama atau ketika sedang bermain bersama anak-anak.

Mendorong anak untuk aktif di berbagai kegiatan

Dorong anak untuk mengembangkan hobi yang tidak membutuhkan telepon seluler, ponsel pintar, iPad, atau gadget sejenis. Solusi terbaik untuk mengatasi anak yang kecanduan ponsel adalah dengan mengikutsertakan mereka ke dalam kegiatan positif seperti klub berenang, bulu tangkis, tenis, bela diri, golf, senam irama, atau menari.

Tidak memberikan ponsel saat anak masih terlalu kecil

Cara terbaik untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak ialah dengan tidak memberikan mereka smartphone pribadi sebelum mencapai usia 16 tahun. Pada usia itu, anak lebih matang dan telah mengatahui sisi positif atau negatif dari smartphone. Pada usia itu anak telah memiliki bekal yang cukup dan lebih siap untuk menjelajahi keajaiban teknologi.

Membuat batasan waktu

Game pada ponsel memiliki daya tarik tersendiri untuk anak. Jadi, biarkan anak memainkannya sesekali. Tetapi, anak harus diingatkan mengenai batasan waktu bermain game. Sebab tanpa pembatasan waktu dan pengaturan yang ketat, anak bisa menjadi pecandu ponsel. Bisa juga gunakan alarm.